PROGRESS PA DAN FASE SDLC

>> Sabtu, 23 Mei 2009

TEMPAT PENELITIAN :
  • Toko Amanah, Ciputat
ANGGOTA KELOMPOK :
  1. Frengki A Lesiangi
  2. Halia Indah Perdana
  3. Winarti
JUDUL PROYEK AKHIR :
  1. Aplikasi Penjualan
  2. Aplikasi Pembelian
  3. Aplikasi Persediaan

SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM / SDLC

FASE 1

Pengenalan
  • Masalah, Toko Amanah ini merupakan toko alat tulis yang sudah berkembang, hanya saja dalam pembukuannya, masih menggunakan sistem pembukuan manual dan sama sekali belum tersentuh oleh sistem komputerisasi, Sehingga banyak permasalahan yang timbul di perusahaan. Masalah seperti pencatatan transaksi yang kurang praktis, pembukuan yang masih kurang tertib, serta masalah seperti kesalahan pencatatan, ketidak akuratan data, serta keterlambatan dalam pelaporan keuangannya
  • Kesempatan, Dari permasalahan tersebut diatas, kami melihat kesempatan untuk meneliti objek tersebut dan melakukan perancangan sebuah aplikasi untuk membantu perusahaan dalam mempermudah kegiatan pembukuan. Beberapa aplikasi seperti aplikasi penjualan, pembelian dan persediaan, merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh manajemen perusahaan atau manajemen user. Oleh karena itu, aplikasi yang akan kami rancang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  • Tujuan, Penelitian dan perancangan aplikasi program ini ditujukan kepada dua pihak, yakni Toko Amanah sebagai user dan manfaat bagi peneliti. bagi user aplikasi ini dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam mempermudah dalam melakukan kegiatan pembukuan, pembukuan yang semula menggunakan sistem manual yang dirasakan kurang praktis, diharapkan akan lebih cepat dan mudah, selain itu untuk efisiensi dan efektifitas kerja, serta meningkatkan motivasi kepada karyawan untuk terus meningkatkan kemampuannya khususnya untuk pengoperasian komputer dan aplikasinya. Sedangkan bagi peneliti sendiri, penelitian dan perancangan aplikasi ini bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman.
Keterlibatan Personal
  • Analisis Sistem, Sebelum melakukan perancangan aplikasi, kami sebagai peneliti terlebih dahulu melakukan analisis sistem, kami menganalisis mengenai masalah apa yang muncul pada Toko Amanah dengan menggunakan sistem manual, kemudian dari berbagai permasalahan yang ada, kami menganalisa apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, setelah itu melakukan analisis sistem untuk perancangan aplikasi. Hal ini diperlukan, agar aplikasi yang kami rancang sesuai dengan harapan dan tujuan sistem yang diinginkan oleh perusahaan.
  • Manajemen User, Setelah melakukan analisis sistem, berikutnya kami menentukan siapa user yang nantinya akan menjalankan atau melaksanakan aplikasi yang telah dirancang, user disini merupakan admin dari perusahaan tersebut yang bertugas untuk melaksanakan atau mengoperasikan aplikasi yang telah dirancang.
  • Manajemen Sistem, Dalam penggunaan aplikasi yang akan dirancang, perusahaan juga perlu memelihara manajemen sistem, dan mengelolanya dengan baik. Dalam hal ini, manajemen sistem pertama kali dilakukan oleh perusahaan yang bekerja sama denga peneliti dalam merancang aplikasi yang akan digunakan.
FASE 2
Fase selanjutnya yang harus dilalui dalam siklus hidup pengembangan sistem adalah menentukan kebutuhan informasi perusahaan dengan cara interview manajemen, dan personal, kemudian mengumpulkan dokumen sistem/operasi, mengamati sistem dan keterlibatan personal seperti (analisis sistem, manajemen user, pekerja operasi, serta manajemen sistem di perusahaan tersebut), serta menggunakan pertanyaan 5WH, selain itu juga dapat digunakan quesioner untuk menentukan kebutuhan informasi perusahaan.

0 komentar:

Chapter 2-2

Chapter 2-2
Jadwal Kegiatan PA

Don't judge a book by it's cover

This blog will give you something different that you will know something that you never know before, coz sometimes....not everything you heard are true..........

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP